Senin, 21 April 2014

keuntungan dan kerugiannya menggunakan software open source dalam membuat aplikasi

keuntungan dan kerugiannya menggunakan software open source dalam membuat aplikasi


Open Source adalah sistem pengembang yang tidak dikoordinasikan oleh suatu indovidu atau lembaga pusat. Open Source lahir karna kebebasan berkarya, tanpa investasi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama kerika dilepas ke publik.
Software open source masih tetap baik. Banyak dari software tersebut memiliki fitur sebanding dengan software mahal seperti Visual Studio, dll. Lantas menggapa kita dianjurakan utnuk menggunakan software open source dalam membuat software? Karna dengan open source, kita tidak perlu membuat segala sesuatunya dari awal,Kita dapat membahwan kekurangan yang ada pada software open source.
Dengan menggunakan Open Source, karya yang kita jual akan memiliki harga yang terjangkau. Jadi, penikmat karya kita bukan hanya kaum menengah ke atas, tapi juga masyarakat menengah ke bawah. Hal ini justru akan melejitkan kesuksesan kita. Jangan pernah berpikir bahwa dengan Open Source kita tidak akan bisa sukses. Lihat saja Google dan Facebook.
Adapun keuntungan dari penggunaan Open source antar lain :
  1. Lisensi Gratis, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan untuk pembelian lisensi software da kita tidak lagi terikat pada satu vendor software dan membeli lisensi.
  2. Keberadaan Bug/Error dapat segera diperbaiki, karna secara tidak langsung telah dievaluasi oleh banyak pengguna (End- user)
  3. Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan & mengembakan proyek Open Source
  4. Pengguna dapat langsung ikut serta dalam pengembangan Program, karena pengguna memiliki source code.
  5. Sebagian Software Open Source tidak menguras sumber daya pemakaian komputer.
  6. Terkadang keahlian kita akan terasah dengan memakai Software Open Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar