Layanan
Telematika
1.
Layanan
Telematika :
Layanan Informasi (Information
Service)
Layanan
telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika
menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran bergerak seperti mobil untuk
menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya
:
Navigation assistant (real-time traffic
information)
Weather,
stock information
Entertainment
and M-Commerce.
Layanan
Keamanan
Layanan
telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan
kejahatan.
Contohnya
:
–
Emergency rescue with 911
– Car
location tracing (thief-proof)
Layanan
Context-Aware dan Event-base (Context-Aware Service)
Context
awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network,
lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai
kebutuhan.
Contohnya
:
–
Vehicle Diagnostic Service
– Car
Insurance based on driving statistic
Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Layanan
telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery
Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.
The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk
mempercepat kecepatan penemuan.
Contohnya
:
-Yellow
pages service
2.
Teknologi
yang terkait antarmuka telematika :
Interface
telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan
teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6
buah teknologi yang terkait dengan interface telematika, yaitu:
Head up
display system
Head Up
Display system adalah setiap tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa mereka lihat.
Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan melihat
ke atas "up" dan melihat ke depan, bukannya miring ke bawah melihat instrumen
yang lebih rendah.
Tangible user interface
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut.
Computer
vision
Computer
Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu
mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di
balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.
Browsing audio data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing
video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal
digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera.
Speech recognition
Speech
Recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan
dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio
device (perangkat input suara). Speech Recognition juga merupakan sistem yang
digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian
diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer.
Speech
Synthesis
Speech
synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara (speech). Transformasi
ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin
dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan – aturan pengucapan
bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar